Home » » fungsi keyboard

fungsi keyboard

Fungsi Keyboard

Tidak bosan-bosanya saya mempostingkan mengenai keyboard, sebab perlu diakui pula, keyboard mempunyai peranan yang begitu penting dalam satu unit komputer. Karena dengan adanya keyboard komputer dapat digunakan dengan baik.

Seringkali dalam mengetik di komputer, tombol-tombol keyboard yang begitu banyak sangat mengganggu. Akan tetapi kalau kita sadari, setiap tombol yang ada mempunyai fungsi-fungsi yang nantinya akan mengaktifkan sesuatu atau menjalankan sebuah perintah.

Oleh karena itu, dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan fungsi dari setiap tombol keyboard yang ada, diantaranya :

1. Tombol ALT berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.

2. Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.

3. Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan

4. Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.

5. Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.

6. Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.

7. Tombol Arah berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.

8. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.

9. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.

10. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.

11. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.

12. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.

13. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.
Umumnya dikenal sebagai “function keys” atau diartikan dalam bahasa indonesia adalah “tombol fungsi”, F1 sampai F12 mungkin memiliki berbagai kegunaan yang berbeda atau tidak digunakan sama sekali. Tergantung pada sistem operasi yang dipasang dan program perangkat lunak yang dipakai. Sebuah program tidak hanya menggunakan masing-masing “tombol fungsi”, tetapi juga menggabungkan fungsi tombol dengan ALT dan / atau CTRL kunci. misalnya, pengguna Microsoft Windows dapat menekan ALT + F4 untuk menutup program yang sedang aktif.

Di bawah ini adalah daftar pendek dari beberapa fungsi umum dari “tombol fungsi” pada komputer yang menjalankan Microsoft Windows. Seperti yang penulis sebutkan di atas, bahwa tidak semua program mendukung semua “tombol fungsi” dan / atau dapat melakukan tugas yang berbeda-beda seperti yang disebutkan di bawah ini.

F1
F1 = Hampir selalu digunakan sebagai tombol bantuan, hampir setiap program akan membuka layar bantuan (help) ketika tombol ini ditekan.
Windows key + F1 = membuka “Microsoft Windows Help” dan “support center” .
Shift + F1 = menunjukkan format dokumen (MS Word)
ALT + F1 = Pergi ke halaman berikutnya
ALT + Shift + F1 = Pergi ke halaman sebelumnya
CTRL + ALT + F1 = Tampilan Info Sistem Microsoft (tidak bekerja pada Windows Vista)
CTRL + Shift + F1 = Mengubah font (tidak bekerja pada Windows Vista)

F2
F2 = Merubah nama file
Shift + F2 = Salin Teks
CTRL + F2 = perintah Print preview (MS Word)
ALT + Shift + F2 = perintah Simpan (MS Word)
CTRL + ALT + F2 = perintah Buka (MS Word)

F3
F3 = Biasanya berfungsi sebagai fitur pencarian untuk banyak program termasuk Microsoft Windows
Shift + F3 = Perubahan kasus teks di MS Word
CTRL + F3 = Program spesifik. Percobaan dengan yang satu ini, tapi menyimpan pekerjaan Anda pertama!
ALT + F3 = Membuat sebuah blok bangunan di MS Word

F4
F4 = Membuka “Find Window”
Shift + F4 = Mengulangi menemukan atau Pergi Untuk tindakan (MS Word)
CTRL + F4 = akan menutup jendela yang terbuka dalam jendela aktif di Microsoft Windows
Alt + F4 = Menutuputup program yang aktif. Jika tidak ada program yang terbuka, Anda dapat mematikan komputer dengan kombinasi ini!

F5
F5 = di semua browser internet modern, menekan F5 akan me-refresh atau me-reload halaman.
Shift + F5 = Memindahkan ke revisi sebelumnya (MS Word)
CTRL + F5 = Unconditional Refresh (refresh Internet Explorer dari Internet, tidak cache)
ALT + F5 = Menutup Program Word
CTRL + F5 = mengembalikan dokumen ke ukuran windows (tidak fungsional)

F6
F6 = Memindahkan kursor ke Address bar di Internet Explorer dan Mozilla Firefox.
Shift + F6 = Program spesifik. Percobaan risiko Anda sendiri, dan jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan Anda terlebih dahulu.
CTRL + F6 = Siklus ke depan antara jendela yang terbuka dalam sebuah program
CTRL + Shift + F6 = Siklus ke belakang antara jendela yang terbuka dalam sebuah program

F7
F7 = Umumnya digunakan untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dokumen dalam program-program Microsoft seperti Microsoft Word, Outlook, dll
Shift + F7 = Membuka perintah Tesaurus di MS Word.
CTRL + F7 = spesifik Program.
CTRL + Shift + F7 = informasi Update di MS Word
ALT + F7 = Mencari salah eja berikutnya atau kesalahan tata bahasa.

F8
F8 = Tombol fungsi yang digunakan untuk masuk ke menu startup Windows, biasa digunakan untuk masuk ke Windows Safe Mode
Shift + F8 = Mengecilkan pilihan saat ini (MS Word)
CTRL + F8 = spesifik Program. Dalam Microsoft Project itu mengubah ukuran jendela proyek.
Alt + F8 = Membuka menu makro (MS Word)

F9 (kombinasi ini hanya berlaku untuk MS Word)
Shift + F9 = Beralih di antara kode halaman dan itu hasil
CTRL + F9 = Insert dan kosong halaman
CTRL + Shift + F9 = hapus bidang
ALT + F9 = Beralih di antara semua kode halaman dan hasilnya

F10 (Fungsi lain MS Word)
Shift + F10 = Menampilkan menu shortcut
CTRL + F10 = Memaksimalkan dokumen pada jendela
CTRL + Shift + F10 = Mengaktifkan to ruler (Non-fungsional)
ALT + F10 = Memaksimalkan jendela program

F11
F11 = Modus layar penuh di semua browser Internet modern.
Shift + F11 = Pergi ke halaman sebelumnya (MS Word)
CTRL + F11 = Kunci bidang
CTRL + Shift + F11 = Aktifkan bidang
ALT + Kode F11 = Tampilan Microsoft Visual Basic
ALT + SHIFT + F11 = Microsoft Visual Studio Tampilan Kode

F12
Shift + F12 = Pilih Simpan perintah (MS Word)
CTRL + F12 = Membuka Pilihan perintah
CTRL + Shift + F12 = Pilih perintah Cetak (print)

Kata kunci Terkait:

fungsi tombol ctrl f pada mozilla (8),function key pada keyboard (6),panduan menggunakan program word (5),tombol refresh di keyboard (4),Fungsi Alt F4 (4),cara menggunakan keyboard laptop (4),mengaktifkan fn di keyboard (4),cari shortcut yang ada d microsoft word sebutkan fungsinya dan kegunaanya misalnya CTRL 5 (4),sebutkan fungsi dari jendela project (4),mematikan tombol f (3),fungsi fn f8 keyboard (3),cara merubah font di cpu dengan keyboard (3),fungsi huruf pada keyboard laptop (3),makalah tentang alt F9 pada word (3),fungsi alt f2- alt f6 (3),tombol insert di keyboard (3),fungsi f5 pada keyboard (3),control untuk membuka microsoft word (3),MAKALAH PENGGUNAAN MS WORD YANG UNIK (3),cara menutup program yang aktif dengan keyboard (3),cara menggunakan keyboard (3),function keys keyboard (3),fungi-fungsi tombol keyboard (3)

,CARA MEREFRESH MENGGUNAKAN KEYBOARTH:
(3),kenapaFN F6 keyboard laptop tidak berfungsi (3),cara membuka menu insert dgn keyboard shortcut (2),fungsi control yang ada di keyboard (2),kegunaan tombol clear all (2),cara menggunakan tombol fn (2),cara yang unik dalam penggunaan microsoft word (2),fungsi ctrl f4 (2),fungsi ctrl F3 (2),cara menggunakan tombol ctrl pada komputer (2),fungsi ctrl f (2),cara mematikan komputer melalui shortcut di keyboard (2),pungsi kibord (2),cara membuka microsoft word pada ipad (2),perintah meggunakan keyboard laptop (2),fungsi alt- f10 (2),pada mozila firefox tombol refresh berfungsi untuk (2),fungi ctrl - pada ky board (2),fungsi alt f8 (2),cara mengaktifkan tombol f1 f2 f3 pada notebook (2),kode F10 di komputer (2),cara mengaktifkan tombol fungsi komputer (2),cara mengembalikan tombol fn (2),ctrl shift Q berfungsi (2),cara mengaktifkan fungsi tombol F3 di laptop (2),cara mengaktifkan fungsi CTRL key di word (2),perintah apa dalam windows dan kegunaan masing-masing (2),ketika di f8 keyboard nya tidak berfungsi (2),penggunaan kunci perintah keyboard laptop (2),cara menggunakan ctrl shift (2),kunci f pada keyboard (2),cara menampilkan tombol keyboard pada ipad (2),keyboard dan cara menggunakan (2),cara menggunakan ctrl (2),daftar shortcut pada keyboard dalam bahasa indonesia (2),kegunaan ctrl shift del (2),fungsi menekan tombol FN dan F6 pada laptop (2),mematikan komputer dengan satu tombol keyboard (2),guna keyboar pada microsoft word (2),bagaimana mematikan tombol function di laptop


(2),MEMATIKAN FUNGSI Fn PADA KEYBOARD:

(2),jika tombol keyboard f1 f2 f3 tidak berfungsi (2),membuka kunci keyboard pada laptop (2),mematikan alt f4 vb6 (2),fungsu tombol kombinasi pada Ms Word (2),fungsi shorcut ctrl=f4 (2),cara ms word menggunakan keyboard dengan fungsinya (2),cara merefresh dengan keyboard (2),fungsi tombol fn pada leptop (2),fungsi tombol tombol pada keyboard (2),apa fungsi dari ALT f2 (2),apa guna fn f5 dilaptop (2),fungsi tombol f1 f2 f3 f4 f5 f6 f7 f8 f9 f10 f11 f12 pada laptop (2),cara merefres computer menggunakan keyboard (2),fungsi-fungsi tombol alt pada microsoft word (2),fungsi key f1 pada internet (2),mengembalikan fn keyboard di laptop (2),masalah shift pada laptop tak berfungsi (2),cara kombinasi keyboard pada windows (2),cara menggunakan tombol keyboard (2),fungsi tombol fn pada keyboard (2),kegunaan F11 (2),cara refresh dengan keyboarrd (2),shortkey refreshpada keyboard (2),


CARA MENGUNAKAN TOMBOL KEYBORD PADA KOMPUTER :

(2),Tombol (2),menjalankan ms word menggunakan keyboard (1),macro f1-f9 for windows vista (1),macro f1-f9 for vista (1),MACAM-macam tombol kombinasi keys pada microsoft word (1),macam macam fungsi F1 - f10 (1),makalah cara unik shortcut microsoft word (1),mematikan shift hotkey (1),kontrol pada keyboard laptop (1),matikan tombol mozilla (1),macam command keyboard pada microsoft word (1),kontrol kibord (1),matikan komputer dengan satu tombol (1),megembalikan fungsi F11 pada laptop (1),kunci keyboard pada microsoft (1),mematikan komputer melalui keyboard dengan menekan tombol (1),kunci tombol keyboard untuk menampilkan proyektor (1),mematikan fungsi keyboard f5 (1),mematikan fungsi tombol fn di keyboard laptop (1),macam dan kegunaan icon dan tombol short cut pada computer (1),matikan fungsi fn di keyboard (1),langkah-langkah mengaktifkan keyboard tidak aktif (1),langkah-langkah mengaktifkan kyboard pada komputer (1),guna ctrl shift alt dalam facebook (1),kunci tombol keyboard (1),makalah fungsi tombol keyboard pada komputer (1),kunci keyboard pada words (1),fungsi tombol pada keyboard laptop (1),kegunaan alt f2 (1),kegunaan alt pada komputer (1),kegunaan control di keyboard pc (1),kegunaan control pada keyboard (1),kegunaan ctrl 1 (1),kegunaan ctrl pada keyboard (1),fungsi tombol kombinasi pada keyboard (1),kegunaan ctrl shift q (1),kegunaan f 5 (1),kegunaan F10 pada ketboard (1),kegunaan f2 di keyboard (1),kegunaan f2 pada pc (1),kegunaan alt f1 (1),

KEGUNAAN ALT DALAM FACEBOOK (1),FUNGSI TOMBOL PADA MS WORD :

(1),fungsi tombol-tombol function key pada microsoft word (1),fungsi tombol2 pada window vista (1),fungsi windows microsoft pada ipad dan notebook (1),Fungsi-fungsi tombol pada keyboart (1),fungsi-fungsi yang mengunakan tombol shift (1),ganti f2 dengan fn f2 (1),guna tombol fn (1),hotkey keyboard (dalam bahasa indonesia) (1),hotkey keyboard microsoft word nama dan kegunaannya (1),hotkey kunci keyboard (1),jenis kegunaan tombol keyboard pada windows (1),kegunaan f5 windws (1),kegunaan hotkey (1),key f1 tak berfungsi (1),keyboard dalam vb6 (1),keyboard laptop dell F1 F2 F3 (1),keyboard tidak dapat F5 refresh (1),keys pada keyboard (1),kode dalam keyboard (1),kode dan tombol ajaib di microsoft word (1),kode fungsi pada keyboad pc (1),kode tombol pada leptop/komputer (1),kode untuk menekan tombol f1 di vb (1),kombinasi kunci keyboard for pc misalnya alt 4 (1),kombinasi kybord pada vb6 (1),kepanjangan tombol FN pada keyboard laptop (1),kenapa f1 f2 f5 pada netbook tidak berfungsi (1),kegunaan hotkey untuk notebook (1),kegunaan hotkeys di notebook (1),kegunaan key alt (1),kegunaan keyboard Fn (1),kegunaan tombol Alt f Alt f1 Alt f2 Alt f4 Alt f5 (1),kegunaan tombol ctrl F pada internet explorer (1),kegunaan tombol ctrl f5 (1),kegunaan tombol f1 f2 f3 dalam keyboard (1),kegunaan tombol F9 (1),kegunaan tombol fn (1),kegunaan tombol hotkey (1),kegunaan tombol shift dan f11 (1),komputer tidak masuk ke windows dan keyboard tidak aktif (1),mematikan tombol delete vb (1),perintah tersembunyi keyboard laptop (1),shortcut f1-f12 tidak berfungsi (1),shortcut keyboard dan fungsinya bahasa indonesia (1),Shortcut keyboard(fungsi tombol keyboard) untuk menjalankan menu pada menu bar pada MS Word (1),Shortcut Keys PADA LAPTOP (1),Shortcut Keys untuk masuk menu dalam Ms Word Help (1),shortcut pada keyboard dan fungsi-fungsinya (1),shortcut pada keyboard wikipedia (1),shortcuts keyboard mematikan layar laptop (1),teknik menggunakan keyboard pada windows (1),tips fungsi kendali oleh satu keyboard (1),tips penggunaan tombol laptop (1),tips trik pada keyboard komputer (1),tombol alt pada notebook (1),tombol cara cepat pada keyboard (1),shortcut f1 keyboard notebook (1),short key pada mocrisoft word (1),perintah untuk mengubah bahasa tool di mozila (1),perintah vb tombol fungsi pada keyboard (1),perintah-perintah pada word dengan kombinasi keyboard (1),prinT preview in laptop how caranya (1),program mematikan tombol fungsi keyboard (1),pungsi lain dari kode F1-F12 pada keyboard komputer (1),pungsi tersembunyi di keyboad pc (1),refresh f5 tidak berfungsi (1),refresh kompi pake keyboard (1),sebutkan fungsi tombol kontrol delete dan kontrol home (1),sebutkan jenis comand beserta fungsinya (1),sebutkan shortcut pada keyboard beserta isinya (1),sebutkan tiga macam tombol kombinasi beserta fungsinya (1),sebutkan tombol kombinasi windows (1),tombol ctrl pada ms word dan kegunaannya (1),tombol del pada laptop tidak berfungsi (1),Tombol F berapa yang ditekan saat menjalankan program Visual Basic (1),tombol safe mode pada laptop dell (1),tombol safe mode pada leptop dell (1),tombol shift keyboard tidak berfungsi (1),tombol shift netbook aktif (1),tombol tidak berfungsi pada keyboard komputer (1),tombol untuk mendelete di laptop (1),tombol untuk mengaktifkan komputer komputer (wikipedia) tombol untuk menghidupkan internet (wikipedia) (1),tonbol s tidak berfungsi pada keyboard (1),trick keyboard laptop (1),trik menonaktifkan fn pada keyboard (1),trik-trik kleyboard pada laptop (1),tutorial refresh menggunakan keyboard (1),vb f1 (1),vb6 alt f2 (1),tombol refresh pada laptop (1),tombol refresh computer (1),tombol f2 pada keyboard berfungsi untuk (1),tombol f4 pada netbook (1),tombol function key pada keyboard (1),tombol function tidak berfungsi (1),Tombol Fungsi (Function Keys) (1),tombol fungsi f10 pada notebook hp (1),tombol fungsi menggunakan ctrl buat mozilla (1),tombol fungtion keyboard f5 (1),tombol kendali Ms Word (1),tombol kunci keyboard computer (1),tombol kunci pada keyboard (1),tombol perintah keyboard (1),tombol perintah print di keyboard laptop (1),tombol print preview di laptop (1),wikipedia artikel fungsi tombol kombinasi (1),perintah sederhana menggunakan tombol ctrl (1),mematikan tombol di keyboard vb6 (1),mengaktifkan keyboard dell (1),mengaktifkan tombol f1 laptop dell (1),mengaktifkan tombol f2 pada keyboard (1),mengaktifkan tombol fn f2 (1),mengaktifkan tombol function (1),mengaktifkan tombol shift tidak berfungsi (1),mengatasi Fn key yang tidak berfungsi (1),mengatasi keyboard laptop yang tidak fungsi (1),mengatasi masalah shift ctrl Alt pada komputer (1),mengatasi refresh fn f5 (1),mengatasi tombol fn yang aktif saat belum ditekan (1),mengatasi tombol keyboard yang tidak berfungsi (1),mengebalikan fungsi tombol karena hotkey (1),mengembalikan fungsi del pada laptop pake fn


(1),MENGAKTIFKAN INSERT PADA KEYBOARD NOTEBOOK (1),menekan keyboard vb (1),mematikan tombol f6 pada keyboard (1),mematikan tombol f8 (1),membaca tombol dengan menekan dengan F1 vb (1),membaca tombol keyboard dengan vb (1),membuat Perintah VB pake Tombol keyboard (1),membuat tombol shortcut vb (1),membuka kunci huruf di keyboard (1),membuka kunci huruf di keyboard laptop (1),membuka laptop menggunakan kode (1),membuka lock controls pada program vb (1),membuka microsoft word keyboard lock (1)

,MEMBUKA SAFE MODE DENGAN TOMBOL SHORTCUT KEYBOARD :

(1),memunculkan tampilan fungsi fn di layar laptop (1),mencari f7 di ipad (1),mengganti bahasakeyboard laptop (1),menggunakan fungsi f di vb6 (1),Menggunakan tombol F5 pada Hp Pc (1),mozila bahasa indoneesia hot keys (1),

NAMA-NAMA TOMBOL DAN FUNGSI MASING-MASING PADA KEYWOARD :

(1),non aktifkan ctrl-f4 pada visual basic (1),nonaktifkan fungsi tombol fn di keyboard (1),panduan menggunakan kyboard (1),

PANDUAN MENGGUNAKAN TOMBOL CONTROL :

(1),pemakaian control di keyboar (1),pemakaian microsoft word yang unik (1),pengertian ctrl_alt_shift pada keyboard (1),pengertian key tips pada word (1),pengertian tombol insert pada keyboard (1),penggunaan fitur unik di mikrosoft word (1),perbedaan ctrl-f4 dengan alt-f4 (1),perbedaan tombol f1 f8 f9 dan f12 untuk booting komputer (1),merubah tombol shift pada keyboard (1),merubah tombol keyboard untuk help (1),menggunakan tombol fn di keyboard biasa pada laptop (1),menggunakan tombol kombinasi pada keyboard (1),menggunakan tombol pada keyboard (1),menggunakan nomor di keyboard laptop (1),mengubah bahasa pada microsoft project (1),menjalankan microsoft word mwnggunakan keyboard (1),

MENJALANKAN PROGRAM DENGAN F KEY DI VB :

(1),menon aktifkan tombol delete vb 2010 (1),menonaktifkan keyboard menggunakan vb6 (1),menonaktifkan tombol f2 (1),menonaktifkan tombol fn pada keyboard laptop (1),menyimpan data menggunakan keyboard (1),merubah bahasa dengan tombol key (1),merubah key function jadi control (1),perintah comand promt beserta fungsi-fungsinya (1),fungsi tombol keys (1),cara mematikan tombol fn (1),cara menampilkan tampilan hotkey pada laptop (1),cara menampilkan tombol FN di keyboard (1),cara menampilkan tombol viem firefox (1),cara menekan F5 di Notebook (1),cara menekan tombol f1 di laptop DELL (1),cara mengakfitkan keybord tombol f1-f9 (1),cara mengaktif komputer dan mematikan komputer (1),cara mengaktifkan control palda keyboqard (1),cara mengaktifkan kembali tombol fncion di keyboard (1),cara mengaktifkan keyboard laptop (1),cara mengaktifkan kyboard komputer (1),cara mengaktifkan perintah control pada program (1),cara mengaktifkan safe mode pada netbook (1),cara menampilkan menu file view tool yang tersembunyi pada mozilla firefox (1),cara menampilkan keybord laptop (1),cara menampilkan hotkey keyboard (1),

CARA MEMATIKAN TOMBOL FUNCTION:

(1),cara mematikan tombol mouse pada keyboard notebook (1),cara membuat perintah simpan atau hapus data menggunakan F2 (1),cara membuat sebuah hotkey di vb6 (1),cara membuat tombol keyboard tidak aktif (1),cara membuat tombol simpan di vb6 (1),cara membuka alt f4 (1),cara membuka hotkey keyboard (1),cara membuka menu del atau f1 atau f2 (1),cara membuka safe mode di DELL (1),cara membuka tombol keyboard laptop (1),cara mempormat laptop menggunakan alt f10 (1),cara memunculkan keyboard di layar (1),cara mengaktifkan tombol control pada keyboard (1),cara mengaktifkan tombol f1 f2 f3 pada notebook (2) (1),cara mengganti tombol ctrl alt delete keyboard komputer (1),cara menggunakan control-control pada keyboard dan fungsinya (1),cara menggunakan ctrl pada keyboard (1),cara menggunakan fungsi fn pada keyboard biasa (1),cara menggunakan keyboard pada word (1),cara menggunakan kontrol di keyboard (1),cara menggunakan tombol (1),cara menggunakan tombol f8 (1),cara menggunakan tombol fn di keyboard komputer (1),cara menggunakan tombol kebord (1),cara menggunakan tombol nomor pada keyboard laptop (1),cara menggunakan tombol pada computer (1),cara menggunakan tombol print di WORD (1),cara mengganti kombinasi fn laptop (1),cara mengganti home menjadi insert di keyboard (1),cara mengganti bahasa keyboard laptop (1),cara mengaktifkan tombol fn di laptop menggunakan software (1),cara mengaktifkan tombol FN pada (1),cara mengaktifkan tombol function di keyboard (1),cara mengaktifkan tombol fungsi pada laptop (1),cara mengaktifkan tombol tuts keyboard laptop (1),cara mengaktifkan tppl keyboard di laptop (1),cara mengaktipkan keyboard pada komputer (1),Cara mengaktivkan keyboard pada komputer (1),cara mengatasi fn keyboard laptop aktif (1),cara mengatasi kyboard yang aktif sendiri (1),cara mengatasi tombol fn yang tidak berfungsi (1),cara mengembalikan fungsi tombol shift (1),cara mengembalikan windows pada netbook dell (1),cara menggunakan word dengan keyboard (1),3 tombol dalam komputer (1),bagaimana cara membuka kunci pada tombol keyboart (1),bagaimana cara memunculkan shift tombol atas pada keyboard laptop (1),bagaimana cara memunculkan tombol KE atas pada keyboard laptop (1),bagaimana cara memunculkan tombol tombol atas pada keyboard laptop (1),bagaimana cara mengatasi tombol keyboard yang tidak berfungsi? (1),bagaimana cara yang unik menyimpan data menggunakan word (1),bagaimana mematikan tombol fn di laptop (1),bagaimana mengaktifkan tombol Fn laptop dell (1),Bikin Perintah VB pake Tombol keyboard (1),buka macro dengan function key (1),bunga lili (1),car menggunakan f5 (1),cara aktifin function lock di laptop (1),artikel non aktifkan tut kyboad leptop (1),artikel mengetahui fungsi keyboard komputer (1),arti tombol insert pada keyboard (1),aktif tombol f2 di laptop (1),alt F10 tidak berfungsi (1),alt f2 vb6 (1),apa arti tombol shift dalam komputer (1),apa function button f1 (1),apa kegunaan Ctrl shift Q (1),apa kegunaan refres pada laptop (1),apa kegunaan refresh pada laptop (1),apakah kegunaan F2 (1),arti cntl dalam kiboard (1),arti f2 pada dell (1),arti tombol f6 (1),arti tombol function (1),cara aktifkan dan nonaktifkan tombol f1 f2 f3 pada laptop dell (1),cara aktifkan fn f9 (1),cara memakai kunci dalam keyboard (1),cara memakai tombol Fn keyboard laptop (1),cara memasukan hotkey pada vb6 (1),cara mematikan explorer dan refres pada windows (1),cara mematikan hotkey shift (1),cara mematikan key f1 notebook (1),cara mematikan keybord laptop (1),cara mematikan komputer lewat keyboard (1),cara mematikan komputer menggunakan keyboard (1),cara mematikan laptop dengan menekan (1),cara mematikan laptop dengan menekan ctrl (1),


Cara meMATIKAN Microsoft keyboard shortcuts (1),CARA MEMATIKAN SHIFT DALAM KEYBOARD (1),cara memakai keyboard di ipad (1),cara me refresh windows


1. Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

2. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

Gbr. Struktur Tombol Keyboard

Oleh karena itu, dalam postingan kali ini juga dijelaskan fungsi dari setiap tombol keyboard yang ada, diantaranya :

1. Tombol ALT berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.

2. Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.

3. Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan

4. Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.

5. Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.

6. Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.

7. Tombol Arah berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.

8. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.

9. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.

10. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.

11. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.

12. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.

13. Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

fungsi tombol secara khusus pada pengunaa browser adalah sebagai berikut:

Ctrl A :Memblok keseluruhan.
Ctrl C :Menambah alamat halaman web yang sedang dibuka ke favorites.
Ctrl E :Menampilkan/menyembunyikan search.
Ctrl F :Mencari halaman web.
Ctrl H :Menampakan/menyembunyikan history.
Ctrl I :Menampilkan/menyembunyikan faforites.
Ctrl O :Menampilkan kotak dialog open.
Ctrl P :Mencetak halaman web yang sedang dibuka.
Ctrl R :Merefresh galaman web terbaru.
Ctrl V :Mem paste isi clipboard.
Ctrl W :Keluar dari amplikasi dan menutup jendela.
Ctrl X :Memotong blok terpilih.
Ctrl Z :Membatalkan perintah dan menutup jenjdela.
F1 :Fasilitas help.
F3 :Memunculkan/menghilangkan bar search explorer.
F4:Daftar drop down dari kotak address.
F5 :Merefres halaman web yang aktif.
F10 :Mengarahkan fokus ke menu bar

Tombol F1 sampai F12 memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada sistem operasi yang digunakan dan program aplikasi yang sedang dipakai atau aktif. Tombol F dapat bekerja sendiri atau dapat digunakan dengan dikombinasikan dengan tombol lain seperti CTRL atau Alt, Shift, Win pada keyboard. Contoh jika kalian ingin menutup satu window yang aktif maka dapat menggunakan tombol kombinasi ALT + F4

Berikut dibawah ini adalah fungsi-fungsi dari tombol F key pada keyboard komputer anda:

F1

* Biasanya tombol ini digunakan untuk memanggil file help dari suatu software atau aplikasi.
* Tombol Win + F1 akan membuka Microsoft Windows help and support center.

F2

* Untuk di windows dapat digunakan sebagai jalan pintas mengubah nama suatu file maupun folder.
* Tombol kombinasi Alt + Ctrl + F2 digunakan untuk membuka dokumen baru di Microsoft Word.
* Ctrl + F2 menampilkan jendela print preview dalam Microsoft Word.

F3

* Sering kali diguanakan untuk membuka fitur pencarian untuk banyak program termasuk Microsoft Windows.
* Jika kalian sedang bekerja dalam Ms word atau yang lain dapat menggunakan CTRL+F atau mencari file di windows dapat menggunakan Win+F
* Shift + F3 akan mengubah teks dalam Microsoft Word menjadi uppercase(huruf besar) atau lowercase(huruf kecil) atau huruf kapital pada awal setiap kata.

F4

* Membuka wjendela.
* Mengulangi aksi terakhir yang dilakukan di Word 2000 +
* Alt + F4 akan menutup program yang sedang aktif dalam Microsoft Windows.
* Ctrl + F4 akan menutup jendela yang terbuka dalam jendela aktif saat ini di Microsoft Windows.

F5

* Mungkin tombol ini yang paling populer untuk me reload halaman di browser maupun untuk refresh tampilan windows.
* Buka window pencarian, penggantian kata di Microsoft Word.
* Mulai tayangan slide show dalam PowerPoint.

F6

* Memindahkan kursor ke address bar di Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

F7

* Biasanya digunakan untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa (spelling) dalam program-program Microsoft seperti Microsoft Word, Outlook, dll
* Shift + F7 melakukan pemeriksaan Thesaurus pada kata yang disorot.
* Menyalakan tanda sisipan browsing di Mozilla Firefox.

F8

* Fungsi tombol yang digunakan untuk masuk ke menu Windows startup, biasanya digunakan untuk masuk ke Windows Safe Mode.

F9

* Membuka toolbar Pengukuran dalam Quark 5.0.

F10

* Pada Microsoft Windows digunakan untuk mengaktifkan menu bar dari aplikasi yang terbuka.
* Shift + F10 adalah sama dengan klik kanan pada icon yang disorot, file, atau link internet.

F11

* Modus layar penuh di pada web browser.

F12

* Membuka menu Save As pada Microsoft Word.
* Ctrl + Shift + F12 mencetak/print dokumen di Microsoft Word.
Bersama Mari Berbagi
mari perkaya wawasan kita dengan berbagi..

*
o Home

FUNGSI TOMBOL-TOMBOL PADA KEYBOARD
January 22 | Posted by Suropeji | komputer, pengetahuan
Share
Email
Tweet

F1 = banyak digunakan untuk help
F2 = rename, change volume
F3 = searching
F5 = refresh, slide show pada powerpoint
F6 = addressing
F12 = save as
Prt Scr SysRq = Print screen (men-shoot tiap tampilan yang ada di monitor)
Scroll Lock = mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll
Pause Break = mengubah kondisi komputer menjadi stand by
Tab = loncat beberapa karakter
Caps Lock = mengubah huruf menjadi huruf kapital
Shift = mengubah karakter dan mengaktifkan fungsi simbol pada
kondisi tertentu
Num Lock = mengaktifkan fungsi tombol numerik di sebelah kanan pada
keyboard
Home = mengembalikan posisi kursor pada awal kalimat
End = melrtakkan kursor pada posisi di akhir kalimat
Page Up/Pg Up = menaikkan layar per paragraf
Page Down/Pg Dn = menurunkan layar per paragraf
Del = menghapus per karakter dari depan
insert/ins = me-replace per karakter
Backspace = mengahapus per karakter dari belakang
Space = lompat satu karakter
arrows keys = tombol navigasi
Escape = membatalkan suatu tahap perintah
[lambang Windows] = mengaktifkan start menu

Begitu banyak tombol yang ada pada keyboard dan begitu banyak pula fungsi dari masing-masing tombol. Berikut penjelasan kegunaan penekanan tombol tunggal.

F1 = banyak digunakan untuk help
F2 = rename, change volume
F3 = searching
F5 = refresh, slide show pada powerpoint
F6 = addressing
F12 = save as
Prt Scr SysRq = Print screen (men-shoot tiap tampilan yang ada di monitor)
Scroll Lock = mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll
Pause Break = mengubah kondisi komputer menjadi stand by
Tab = loncat beberapa karakter
Caps Lock = mengubah huruf menjadi huruf kapital
Shift = mengubah karakter dan mengaktifkan fungsi simbol pada
kondisi tertentu
Num Lock = mengaktifkan fungsi tombol numerik di sebelah kanan pada
keyboard
Home = mengembalikan posisi kursor pada awal kalimat
End = melrtakkan kursor pada posisi di akhir kalimat
Page Up/Pg Up = menaikkan layar per paragraf
Page Down/Pg Dn = menurunkan layar per paragraf
Del = menghapus per karakter dari depan
insert/ins = me-replace per karakter
Backspace = mengahapus per karakter dari belakang
Space = lompat satu karakter
arrows keys = tombol navigasi
Escape = membatalkan suatu tahap perintah
[lambang Windows] = mengaktifkan start menu

Dalam menggunakan aplikasi Ms. Office (khususnya MS. Word), ada beberapa tombol keyboard yang mempunyai fungsi apabila dikombinasikan atau digabungkan dengan tombol lainnya. Di bawah ini fungsi-fungsi dari kombinasi beberapa tombol.

Kombinasi Berfungsi untuk
Ctrl+ A Select all
Ctrl+ B Bold
Ctrl+ C Copy
Ctrl+ D Font
Ctrl+ E Center alignment
Ctrl+ F Find
Ctrl+ G Go to
Ctrl+ H Replace
Ctrl+ I Italic
Ctrl+ J Justify alignment
Ctrl+ K Insert hyperlink
Ctrl+ L Left alignment
Ctrl+ M Hanging indent
Ctrl+ N New
Ctrl+ O Open
Ctrl+ P Print
Ctrl+ Q Normal style
Ctrl+ R Right alignment
Ctrl+ S Save / save as
Ctrl+ T Left indent
Ctrl+ U underline
Ctrl+ V paste
Ctrl+ W Close
Ctrl+ X Cut
Ctrl+ Y Redo
Ctrl+ Z Undo
Ctrl+ 1 Single spacing
Ctrl+ 2 Double spacing
Ctrl+ 5 1,5 spacing
Ctrl+ Esc Start menu
Alt+F4 ShutDown atau menutup program yang sedang aktif
Shift + F10 Alternatif klik kanan
[lambang Windows] + M me-minimize semua program
[lambang Windows] + Shift + M me-maximize semua program
[lambang Windows] + E membuka Windows Explorer
Ctrl + Alt + Del restart
Alt + (tiap huruf pada sistem yang karakternya bergaris bawah) menuju ke perintah yang diharapkan

1 Coment: